Serba Serbi Batik Nusantara Beserta Sejarah Singkatnya

Catatan Seputar Batik Nusantara

Catatan Seputar Batik Nusantara
Yups, Batik nama besarnya yang melegenda hingga membawa Nusantara ke mancanegara, terbukti dengan banyaknya tokoh besar Internasional yang sangat menyukai hingga sering memakai baju batik ke acara besar yang ia datangi,  sebut saja salah satunya ialah tokoh politik dari Africa Selatan yang tak lain Nelson Mandela. bisa dilihat dari koleksi yang ia miliki, penentang politik apharteid ini sangat jelas memiliki ketertarikan tersendiri dengan model baju khas Indonesia, bisa di lihat dari model baju yang ia miliki dan kenakan sangat beragam motif dan coraknya.

Di negeri kita sendiri batik merupakan salah satu pakaian yang wajib, biasa digunakan di acara resmi seperti kondangan/nikahan, dan lain sebagainya, namun seiring dengan perkembangan jaman atau istilahnya modernisasi batik kini banyak dikombinasikan menjadi baju yang stylish, dimulai dibuat menjadi busana muslim seperti gamis, tunic dan juga kaos batik.

Model baju 2019 sendiri sangatlah variatif, banyak tokoh serta orang terkenal yang sengaja memesan batik khusus yang dibuat desainer terkenal, carilah di google banyak berita online yang membahas akan hal itu. Saking besarnya nama batik membuat pemerintah membuat penghargaan khusus yaitu dengan Hari Batik Nasional yang selalu diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Setiap lapisan masyarakat dimulai dari pejabat pemerintah, pegawai BUMN hingga pelajar sangat disarankan memakai batik. Keputusan badan PBB UNESCO yaitu yang membidangi Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan serta Bidang Pendidikan mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Corak dan motif dan batik sangatlah beragam hampir setiap daerah memiliki cirikhasnya sendiri sebut saja beberapa motif yang paling terkenal seperti mega mendung, kembang sekuntum motf daerah seperti batik solo, yogyakarta, cirebon, ciamisan, batik aceh, medan, padang, lampung, bengkulu, palembang, tasikmalaya, cianjur, sidoarjo, indramayu, pacitan, bantul, banyumas, jepara, banyuwangi, tuban, bandung, bogor, banten, bali, garut, pekalaongan dan masih banyak lainya. Untuk masa sekarang ini setidaknya batik dibagi menjadi dualisme, pertama batik tradisional dan yang kedua ialah batik modern.

Batik Tradisional ialah batik dengan corak yang sudah ditentukan dengan isen, garis dan motifnya mengikuti aturan serta tidak menghilangkan nilai budaya serta estetika dalam seni membatik. Ada beberapa contoh yang mungkin anda sendiri sudah mengenalnya seperti batik becak, kerokan, monochrome, batik pekalongan, jumputan dll.

Batik Modern merupakan batik yang tidak terikat oleh aturan tertentu, jenis ini banyak sekali kita jumpai di toko toko atau pasar  modern seperti sekarang ini sebut saja contohnya baju batik bola, baju kaos dengan isen batik, asal muasal batik non tradisional ini bermula sejak tahun 1967 hingga mulai diterima dan dikembangkan masyarakat pada awal 1970an.

Perkembangan yang berlanjut  membuat gaya batik modern terus berkembang, setidaknya ada 4 jenis purwarupa gaya seni batik modern yang sudah tak asing dimata kita, diantaranya  :

  • gaya lukisan
penggambaran yang sangat jelas seupa dengan lukisan, contohnya seperti pemandangan.
  • gaya abstrak
contoh jenis ini ialah penggambaran bertarung ayam, garuda sedang terbang, ledakan senjata, dan lainya.
  • gaya khusus dari cerita lama atau cerita masyarakat yang sudah melegenda terkadang bisa juga pencampuran antara gaya real dan abstrak, contohnya batik yang mengangkat kisah mahabrata atau ramayana atau dewi sinta.
diambil dari cerita mitologi atau c
  • gaya gabungan
motif yang digunakan merupakan penggabungan dari berbagai corak batik daerah tertentu dalam suatu karya seni pada kain dan menjadi suatu penggambaran batik yang indah pada kain.


Sedangkan dalam cara pembuatanya batik dibagi menjadi 4 bagian, diantaranya  :
  • batik tulis
  • batik cap 
  • batik printing
  • batik ikat celup
batik tulis gudangnya batik
Batik Tulis  dibuat dengan cara menuliskan malam dengan menggunakan alat yang bernama canting inilah yang digunakan pembatik untuk menuliskan corak pada kain. Motif batik daerah nusantara yang sangat beragam dan berbeda setiap daerahnya membuat batik nusantara sangat khas dan istimewa. Biasanya pengambilan motif dan corak dipengaruhi budaya atau mitologi yang dipercaya oleh masayrakat sekitar, memiliki artik makna mendalam di setiap corakanya. Malam gunanya untuk menutup bagian kain dengan berupa corak, batik tulis sendiri 100% merupakan buatan tangan dan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam setiap pengerjaanya, tak heran harganya sangat mahal setiap lembar kainya.

batik cap gudangnya batik nusantara
Batik Cap, proses pembuatan ya tentu saja dengan menggunakan alat cap biasanya memiliki ukuran 20 cm x 20cm terbuat dari tembaga persis seperti stempel yang biasa kita pakai untuk mengecap kertas ahnaya bentuk dan ukuranya saja yang lebih besar dimensinya. Sangat mudah sekali untuk mengenali batik cap, mengapa?? ya karena ciri ciri dari hasil prosesnya sangat jelas dan detail terlihat, pertama warna batik  lebih mengkilap,  kedua belah sisi memiliki warna yang sama persis, warna dasar memiliki kontur warna yang lebih gelap.

batik space batik print
Batik Print,  era moderenisasi menghasilkan sebuah kecepatan, nah begitu juga dengan pembuatannya, memiliki motif yang sangat bervariatif, dibuat melalui proses penyablonan, sehingga akan mudah terlihat ciri batik yang dibuat dengan proses printing yaitu warna motifnya yang tidak meresap ke seluruh permukaan kain atau hanya bagian permukaanya saja, jadi bagian belakangnya terlihat putih. jenis batik ini yang paling banyak beredar di pasaran/market baik lokal maupun luar negeri. contoh paling mudah kita temui ialah seragam batik sekolah dan instansi pemerintahan, pegawai bisa dilihat jenis dan rupanya itu merupakan batik printing.

Selain dalam proses penerapan malam pada kain proses penjahitan hingga selesai menjadi  sebuah produk baju juga mengalami moderenitas,banyak kombinasi batik yang menjadi trend fashion di era sekarang ini seperti  :
  • kaos batik
  • dress batik
  • gamis batik
  • tunic batik
  • bolero batik
  • embos batik
  • kemeja batik (lengan panjang dan pendek)
  • blouse batik
  • hem batik
  • dll
Tak heran ini diikuti dengan meningkatnya pasar atau market penjualan yang meningkat, baik itu pasar online maupun offline, yang menjadikan banyaknya minat masyarakat membuka usaha konveksi batik dan sudah tentu membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar. ada juga beberapa aspek yang  mempengaruhi tingkat popularitas batik diantaranya ialah pameran batik diberbagai daerah hingga diluar negeri.

Sekilas Tentang Sejarah Batik Indonesia

Seni membatik merupakan warisan turun temurun, konon katanya kesenian membatik berasal dari nageri mesir dan sumeria,untuk di Indonesia sendiri meluas pertama di jawa setelah akhir abad 18 atau awal abad ke 19, sangat erat kaitanya dengan penyebaran islam dan kerajaan majapahit yang kemudian dilanjutkan eranya ke kesultanan surakarta dan yogyakarta. Pada tahun 1920an batik mulai menyebar luas ke berbagai daerah di nusantara hingga munculah berbagai corak motif batik tulis yang memiliki nilas seni dan estetika tinggi. Dulu banyak sekali perusahaan konveksi batik besar seperti di tasikmalaya dan ciamis sebut saja Mitra Batik atau Bintang Pusaka, perusahaan konveksi batik inilah yang banyak membantu tingkat perekonomian masyarakat khususnya kaum wanita dan ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luangnya, banyak pula yang membawa kain dan malamnya ke rumah dan dilakukan dirumah, seperti cerita nenek saya dulu, dengan membatik satu tahun hasilnya  dapat digunakan untuk membuat rumah. Tahun 1970 hingga awal 2000an insdustri batik sangatlah menjanjikan, bahkan menjadi industri rumahan yang mampu mencukupi kebutuhan hidup.

Corak, Pola Atau Motif Batik

Puluhan, ratusan, mungkin lebih dan berbeda corak, tekstur warna, serta pemahaman arti makna yang mendalam, merupakan sebuah karya klasik warisan para leluhur itulah yang melukiskan keistimewaan batik khas nusantara. bahkan ada di negeri kita ini ada yang dikenal dengan kota batik yang tak lain ialah Pekalongan.

Corak atau motif atau disebut juga pola  batik sendiri memiliki penjelasan penggambaran wujud yang dilukiskan seorang pembatik terhadap kain yang disesuaikan dengan rasa keindahan dalam bentuk penggambaranya dan menjadi perpaduan antara isen, garis, bentuk yang menjadi keseluruhan atau kesatuan dan menjadi cirikhas tersendiri. contoh motif batik kembang sekuntum, penggambaran bunga yang sedang mekar jadi cirinya, ada juga corak mega mendung dan sudah pasti arahnya dan tujuanya bisa dilihat dari hasil seni karyanya yang memperlihatkan sekumpulan awan/mega dengan variasi warna seaakan akan akan turun hujan, begitulah kira kira penjelasanya. Banyak sekali sebenarnya pola motif batik khas daerah di nusantara ini ada yang menggambarkan rumput, lingkaran, pohon, buah buahan, daun daunan, serta lain lainya.

Harga Dan Kualitas Batik

Mengenai hal ini sangatlah bervariatif ilmulai yang puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan rupiah, bahkan ada yang dibuat edisi khusunya oleh seorang fashion desainer, tentu saja harganya sesuai dengan hasil dan sangat memuaskan. Perkembangan batik tak sampai disana ternyata, batik menjadi ladang usaha yang menjanjikan, Anda bisa memulai usaha online sendiri dengan menjajakan produk batik di toko online atau starup yang memiliki pasar besar, kemudian yang paling ringan dan mudah dilakukan seperti yang para ibu rumah tangga lakukan sekarang ialah dengan menjualnya di sosmed baik itu facebook, instagram, dan lain sebagainya, ada beberapa ilmunya yang harus anda pelajari dan perhartikan untuk memulai bisnis di dunia maya, yang disebut SEO (search engine optimation).

Gudangnya Batik Berkualitas

Gudangnya Batik Berkualitas harga murah meriah
Mencari batik harga murah terjangkau dengan kualitas terbaik dengan segala jenis motif berbagai daerah di nusantara, kunjungi blog ini BATIKSPACE.Blogspot.Com toko batik tersebut menyediakan segala jenis fashion batik dengan kombinasi batik yang mengikuti trend fashion seperti gamis, tunic, embos dengan harga grosir, menerima juga agan dan sista yang berminat untuk menjadi resseler.

Bagaimana Cara Ordernya ???
Mudah, hubungi bagian admin  :
  • Edelweis
  • Whatsapp  :  0853 2027 4788